Menu
Silahkan baca dan Share artikel disini bila bermanfaat tapi jangan lupa menyebut sumbernya,.. Thank You

Pantai Losari.. Dari Keindahannya Hingga Kekaguman Dunia




Pantai losari merupakan pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar, Sulawesi selatan. Pantai yang merupakan Ikon kota Makassar ini selalu ramai dengan orang-orang yang ingin melihat langsung keindahan pantai. Karena letaknya tepat di Jantung Kota Makassar sehingga tempat ini sangat mudah di akses oleh orang-orang yang berniat berkunjung di tempat ini. Tidak hanya warga Makassar, pengunjung dari luar daerah ataupun turis asing selalu menyempatkan waktu untuk menikmati view indah pantai losari. 


Selain itu view sunset pantai losari juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung bahkan konon dikatakan sebagai salah satu view sunset terindah di dunia. Bukan hanya orang Indonesia yang kagum akan keindahan sunset di pantai Losari. seorang konsul jenderal jepang di Makassar beberapa tahun lalu menyatakan bahwa sunset pantai losari merupakan satu di antara tiga sunset terindah di dunia dan hal ini diamini oleh turis-turis asing lainnya yang juga menyatakan kekagumannya akan keindahan sunset di pantai Losari. Setiap kali berkunjung ke tempat ini tidak afdol rasanya jika tidak menunggu untuk menikmati indahnya sunset bersama ratusan orang lainnya dan juga tidak lupa mengabadikannya dengan kamera. 



Diseluruh Indonesia, hanya ada satu pantai yang dapat menyaksikan sunrise dan sunset disatu titik berdiri yang sama. “Pantai itu yakni pantai Losari, Makasar”, begitu kata Jusuf Kalla salah satu tokoh masyarakat disana mengatakan kepada sambil membanggakan pantai ini, suatu saat yang lalu. Memang itulah yang terjadi karena pantai ini memanjang dari utara ke selatan sehingga seseorang dapat melihat terbit dan terbenamnya matahari di satu titik. Keunikan ini tentu saja terus menjadikan orang penasaran untuk datang ke tempat ini.
Waktu paling ideal mengunjungi pantai Losari adalah sore hari antara jam 15.00 hingga jam 21.00. Jika suka jogging, tempat ini juga sangat ideal. Udara bersih dan angin bertiup tanpa henti, matahari yang merah keemasan menyapu wajah manusia yang duduk bibir pantai. Tua muda akan datang kemari menikmati matahari terbenam disini sambil membeli makanan dari pedagang. Makanan yang sangat banyak dijajakan oleh pedagang adalah pisang Epe. Pisang epe merupakan makanan khas Makassar yang terbuat dari pisang yang telah di olah kemudian disirami gula aren, hmm rasanya? tentu PALING INDONESIA karena dibuat dari bahan-bahan yang ASLI INDONESIA. Jadi Tidak lengkap rasanya berkunjung ke tempat ini tanpa mencicipi Pisang Epe Khas Makassar ini. Selain Pisang Epe banyak juga dijajakan makanan ASLI INDONESIA lainnya.


Bangunan Mesjid terapung di sekitar pantai juga merupakan daya tarik baru bagi pengunjung Pantai Losari.  Kehadiran masjid yang awalnya dinamakan 99 Al-Makazzary dan berubah nama menjadi Amirul Mu’minin ketika pertama kali difungsikan dipenghujung Maret lalu ini menjadikan tambahan wisata disekitar pantai losari. Masjid ini membuat para wisatawan beragama muslim yang datang untuk melihat sunset di Pantai Losari bisa shalat maghrib di tempat ini.



Hal lain yang menarik pengunjung untuk datang ke pantai ini adalah julukan pantai ini dahulu yaitu restoran dengan meja terpanjang di dunia. Dikatakan restoran dengan meja terpanjang karena dahulu setiap mulai petang akan ada ratusan pedagang di sekitar pantai yang menjajakan dagangannya. Hanya saja Pemerintah Kota Makassar kemudian memprogramkan merevitalisasi sepanjang pantai, oleh karena ancaman abrasi yang melanda sepanjang pantai, dimana dikhawatirkan dalam waktu yang tidak lama sepanjang pantai akan runtuh akibat kikisan air laut yang setiap saat mengiris sepanjang pantai. Pedagang-pedagang itu akhirnya direlokasi kesebuah tempat yang telah disediakan oleh Pemerintah kota Makassar.


Walaupun julukan restoran dengan meja terpanjang di dunia itu tinggal menjadi sejarah yang indah namun Revitalisasi yang dilakukan pemerintah kota Makassar patut mendapat apresiasi yang sangat besar. Selain mengantisipasi abrasi pemerintah kota juga telah mempercantik pantai yang menjadi ikon kota Makassar ini walaupun pengerjaannya belum selesai seluruhnya. Bila kelak Pantai Losari sudah selesai direvitalisasi seratus persen, maka dapat dipastikan Pantai Losari yang cantik itu akan menjadi pesona Kota Makassar sepanjang zaman. Di masa yang akan datang, dapat diyakini pantai terindah di Sulawesi ini akan membuat para wisatawan mancanegara tergila-gila untuk mengunjunginya. Pantai Losari ini akan selalu mempercantik diri untuk menanti para wisatawan-wisatawan yang ingin melihat dan menikmati keindahan panorama pantai kota Makassar. 
Pantai Losari dengan berbagai macam daya tariknya telah membuat kagum dunia. Restoran dengan meja terpanjang didunia hingga satu dari tiga view sunset terindah didunia merupakan pengakuan dunia akan keberadaan pantai di timur Indonesia ini. Tidak ada yang dapat memungkiri keelokan pantai dengan panjang sekitar 4 km sehingga ini juga seharusnya menjadi kebanggaan bukan hanya masyarakat Makassar tapi seluruh bangsa Indonesia.
Pantai Losari merupakan wisata Pantai dengan keindahan pantai, makanan yang dijajakkan dan juga keramah tamahan masyarakat setempat yang membuat orang tidak mungkin memungkiri bahwa ini adalah Indonesia, ini milik Indonesia dan inilah wisata pantai yang PALING INDONESIA. Ketika Pantai-pantai lain dengan ribuan pengunjung menyediakan makanan kelas Internasional, pantai Losari selalu memberikan tempat untuk mereka yang menjajakan makanan tradisional. Ketika pantai lain menyediakan fasilitas Internasional pantai Losari hanya menyediakan fasilitas seadanya. Bukan karena tidak mampu sehingga pantai ini tidak mengikuti pantai-pantai lainnya yang memodernkan diri, tapi karena kesederhanaan itulah Indonesia. Sederhana itu PALING INDONESIA.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

Followers

Khansa Muslim on FB